Minggu, 24 November 2013

Puding Telur Ceplok



Pertama mengeksekusi puding ini karena dirumah mau kedatangan banyak tamu, pengen bikin sesuatu yg ringan namun unik.... keinget ada resep yg belum dieksekusi, maka lgsg deh jadi ini, percobaan pertama Alhamdulillah menurutku berhasil, walaupun gak niru plek dr resep yg ada. Tapi setelah jadi ternyata puding putihnya kurang, jadi buat lagi deh.


PUDING TELOR CEPLOK


Resep dari : Nani Saptani

BAHAN ORANGE
250gr Ubi orange rebus dan lumatkan (aku pake mangga)
100gr gula (kurang manis tambahi) (aku gak pake gula krn agar2 yg aku pake sdh komplit rasanya)
1/4 sdt garam
1 bungkus nutrijel rasa mangga. (aku pake merk puding susu rasa mangga)
800ml air atau menurut takaran kemasan.( 700ml air)

BAHAN PUTIH :
1 Bungkus agar-agar plain (aku pake swallow globe)
100gr gula putih
800ml santan dari setengah butir kelapa parut. Atau menurut takaran cair dikemasaan (aku skip)
1/2 gelas susu kental manis + 3 sendok susu bubuk putih dan air sesuai aturan dikemasan (klo aku pake 3,5 gelas)

CARA MEMBUAT :

WARNA ORANGE : masak semua bahan orange kecuali mangga hingga mendidih. Matikan api. Campur mangga yg sudah dilumatkan ke dalam adonan puding.. Supaya lebih mudah aduk dengan whisker.. Aduk rata, bila perlu saring agar adonan rata dan halus. Cetak di cucing. Bekukan.

WARNA PUTIH : Campur semua bahan putih masak.hingga mendidih..tunggu sampai.hilang uap panasnya.

PENYELESAIAN : Jika menggunakan cetakan yg rendah, Ambil 1 puding  orange yg sudah beku, telungkupkan di cetakan yg agak besar lalu siram dengan adonan putih.. Bekukan. Karena aku pake cup ya agak dalem maka aku tuang dulu yang putih setengah cetakan, bekukan baru letakkan telungkup nutrijel orange kemudian siram dengan adonan agar2 putih. Bekukan di lemari Es.. Hmmm nyam nyam..

Tips : Agar bagian kuningnya mengkilap, nuang adonan putihnya jangan terkena ke kuningnya.


1 komentar:

Cute Red PencilCute Red Pencil